Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Apakah anda pernah merasakan bahwa memori internal smartphone Android anda kurang atau bahkan habis? Kalau anda mengalamai kasus ini, anda perlu mengetahui cara memindahkan aplikasi Android ke memori eksternal. Dukungannya terhadap kartu memori eksternal membuat smartphone Android semakin nyaman digunakan meski memori internalnya kecil. Namun memori eksternal hanya bisa digunakan untuk menyimpan data, seperti foto atau video, sedangkan untuk apps, instalasi dan penyimpanan dilakukan pada memori internal. Contohnya Google Maps yang tidak bisa dipindahkan karena dianggap bagian integral dari Android. Karena alasan kecepatan memori internal yang jauh lebih tinggi dibanding memori eksternal menyebabkan aplikasi dari beberapa developer harus terpasang di memori internal. Hal itu lah yang membuat memori internal kehabisan tempat sehingga aplikasi lain tidak bisa ditambahkan.

Cara Pindah Aplikasi dengan Apps

Cara Pindah Aplikasi dengan Apps

Karena keterbatasan tersebut, rooting biasanya menjadi solusi untuk dilakukan meski beresiko. Sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan, namun tidak seluruh aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal.

Also Read: Harga Dan Spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium

Berikut cara memindahkan aplikasi android ke memori eksternal.

Cara 1: Menggunakan Apps

Tanpa perlu repot, beberapa aplikasi sebenarnya bisa dipindahkan melalui Settings>Apps. Pada jendela tersebut terdapat pilihan Move to External Storage. Jika pilihan tersebut tidak menyala, artinya aplikasi tidak bisa dipindahkan. Untuk melihat aplikasi yang bisa dipindah ke memori eksternal, Anda dapat menginstall aplikasi AppMgr III sehingga tidak repot membukanya satu per satu

Cara  Pindah Aplikasi  Android

Cara Pindah Aplikasi Android

Cara 2: Menggunakan Android DB

Cara lain untuk memaksa pemindahkan aplikasi ke memori eksternal oleh Android adalah dengan melibatkan Android SDK (software untuk mengembangkan Android) dan command prompt. Meski sedikit ribet, namun caranya relatif mudah dan cepat. Berikut urutannya:

 

  1. Download Android Debug Bridge

Android SDK yang ukurannya mencapai 450MB harus kita gunakan meski yang dibutuhkan dari bagian Android Debug Bridge (adb) hanya 4MB. Namun proses mendownload bisa lebih mudah karena komponen adb dari Android SDK telah dipisahkan pada situs techage.com. Anda dapat mendownload file tersebut melalui tautan berikut.  Selanjutnya, ekstrak folder platform-tools yang ada di dalamnya ke tempat yang di inginkan.

  1. Setting Smartphone

Pada opsi Developer, aktifkan pilihan USB debugging. Tiap model smartphone akan mempunyai pilihan yang berbeda-beda, namun biasanya dapat dilakukan melalui Setting>Developer options kamudian beri tanda centang USB Debugging. Setelah itu, tancapkan smartphone ke komputer.

  1. Jalankan Android Debugging

Android adb selanjutnya dijalankan menggunakan command prompt dengan masuk ke folder Platform-tools kemudian tekan Shift di area kosong (bukan di atas nama file) lalu setelah itu klik kanan. Klik pilihan Open Command window here yang akan muncul kemudian.

  1. Jalankan Perintah

Selanjutnya, ketikkan perintah di bawah ini pada command prompt

  1. Adb devices-> digunakan untuk melihat perangkat Android yang terhubung ke PC dan pastikan Android Anda terdeteksi.
  2. adb shell pm getInstallLocation(untuk Android <4.0) atau adb shell pm get-install-location (Android 4.x) -> digunakan untuk melihat lokasi default instalasi apps. Angka 0 menandakan lokasi ada di memori internal, jika 2 berarti eksternal.
  3. adb shell pm setInstallLocation 2(Android <4.0) atau  adb shell pm set-install-location 2 (Android 4.x) -> digunakan untuk memerintahkan aplikasi agar terpasang di memori eksternal.
  4. Pindahkan Apps

Aplikasi penting seperti Twitter, WhatsApp, dan Facebook yang sebelumnya ada di memori internal kini dapat dipindahkan ke memori eksternal. Namun ada beberapa aplikasi yang tetap tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal seperti BBM.

Dengan demikian, tanpa harus melakukan rooting aplikasi pun dapat dipindahkan ke memori eksternal. Selamat mencoba cara memindahkan aplikasi Android ke memori eksternal!

 

Cara Pindah Aplikasi AndroidCara Pindah Aplikasi AndroidCara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori EksternalCara Pindah Aplikasi dengan Apps
Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal | Admin | 4.5