Cara Mudah Menemukan Android Hilang dengan Device Manager

Suatu saat mungkin perangkat Android Anda hilang atau karena lupa menaruhnya di mana. Untuk mendeteksi atau menemukan Android hilang tersebut, Anda dapat menggunakan fasilitas Android Device Manager yang langsung aktif di semua perangkat Android meski tidak pernah diaktifkan. Untuk dapat mengaksesnya, masuklah ke https://www.google.com/android/devicemanager kemudian login dengan akun Google.

Android Device Manager hanya dapat mendeteksi keberadaan ponsel jika ponsel terhubung ke internet dengan GPS yang aktif. Fitur ini mempunyai akurasi sekitar 25 meter sehingga tidak dapat mendeteksi letak ponsel apakah di dalam kamar atau ruang tamu rumah namun hanya dapat mengetahui apakah ponsel ada di rumah atau di tempat lain.

Menemukan Android Hilang dengan Device Manager

Menemukan Android Hilang dengan Device Manager

Also Read: Spesifikasi Xolo Omega 5.5 Smartphone 5,5 Inci Harga 1,9 Jutaan

Berikut ini adalah cara mudah menemukan Android hilang dengan Device Manager

Fitur bawaan Android ini juga menyediakan fasilitas Ring untuk membunyikan ponsel seperti misscall dengan volume penuh selama 5 menit sehingga Anda mempunyai waktu mencarinya. Ponsel akan terus berbunyi selama ponsel masih menyala dengan baterai yang cukup dan akan berhenti ketika tombol Power ponsel tersebut disentuh.

Menemukan Android Hilang dengan DM Ring

Menemukan Android Hilang dengan DM Ring

Jika ponsel belum juga ditemukan, Anda dapat menjalankan menu Lock dengan memasukkan password Google sehingga perangkat Android akan terkunci dan hanya dapat dibuka dengan memasukkan password kembali pada ponsel Android. Selama password tidak bisa ditembus, maka tidak ada yang ada yang bisa menggunakan ponsel tersebut dan anda tidak perlu terlalu khawatir dengan dat-data anda meskipun belum menemukan android hilang tersebut.

Menemukan Android Hilang dengan DM Lock

Menemukan Android Hilang dengan DM Lock

Fasilitas Erase juga disediakan Android Device Manager untuk menghapus data di dalam ponsel. Anda dapat mengaktifkannya dengan cara klik Setup Lock & Erase, kemudian notifikasi akan dikirim oleh Google melalui perangkat. Berilah tanda centang pada opsi Lock dan Erase, kemudian tekan tombol back. Setelah melakukan Wipe, Android sudah kembali ke kondisi awal (factory reset) sehingga perintah Ring maupun Lock tidak bisa dijalankan. Langkah ini sebaiknya anda pikirkan masak-masak jika memang anda merasa sudah kesulitas menemukan android hilang milik anda.

Ketika ponsel diganti dengan SIM baru, Android Device Manager juga akan tetap berfungsi selama hard-reset tidak dilakukan pada Android dan ponsel terhubung ke internet. Namun jika hard-reset telah dilakukan, perintah Ring, Lock, dan Wipe tidak bisa berjalan dan ponsel akan berpindah tangan namun data di dalamnya sudah terhapus. Tetapi sebenarnya langkah antisipasi perlu anda lakukan yang bisa anda temukan pada tips aman menjaga smartphone Anda.

Demikian tadi cara mudah menemukan Android hilang dengan Device Mmanager yang bisa Anda coba saat memerlukannya.

 

Menemukan Android Hilang dengan DM LockMenemukan Android Hilang dengan DM RingMenemukan Android Hilang dengan Device ManagerMenemukan Android Hilang
Cara Mudah Menemukan Android Hilang dengan Device Manager | Admin | 4.5