Tips Jitu Mengatasi Ponsel Tercebur Ke Air

Meski banyak smartphone canggih dengan kemampuan tahan air, namun yang tidak memiliki kemampuan tersebut juga masih banyak. Ponsel yang jatuh ke air dapat menyebabkan kerusakan fungsi atau bahkan mati, namun Anda masih dapat menyelamatkannya sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi dengan memperhatikan hal yang harus dihindari dan juga yang harus dilakukan segera saat ponsel tercebut ke air.

Hal Yang Dilarang 

Berikut ini 5 hal yang dilarang untuk Anda lakukan ketika ponsel  tercebur ke air.

  1. Jangan langsung menyalakan ponsel jika tercebur dalam keadaan mati sebagai pencegahan terjadinya korsleting pada kabel atau komponen tertentu.
  2. Jika ponsel dalam keadaan hidup, jangan menekan tombol apapun untuk memeriksa apakah masih berfungsi atau tidak.
  3. Untuk menghindari penyebaran air di dalam komponen, janganlah mengguncang atau memiringkan ponsel.
  4. Jangan mengeringkan bagian dalam ponsel dengan udara panas seperti hairdryer karena ada komponen tertentu yang sangat rentan dengan udara panas.
  5. Jangan menggunakan blow dryer atau perangkat dengan tiupan angin kencang karena air akan menyebar ke komponen internal sehingga dapat memperparah kondisi ponsel.

Hal yang harus dilakukan

Also Read: Karbonn Titanium Wind W4 Spesifikasi Windows Phone 8.1 Murah

Berikut 12 hal yang harus Anda lakukan ketika menjumpai ponsel  tercebur ke air.

  1. Langsung matikan ponsel jika dalam keadaan masih hidup/menyala.
  2. Bilas bagian luar terlebih dahulu jika tercebur di air kotor atau air laut. Untuk air laut, bilas dengan air tawar sebagai penetralisir air garam yang berbahaya bagi perangkat elektronik.
  3. Lepaskan casing pelindung, kemudian microSD dan kartu SIM dikeluarkan dari slotnya, dan lepas baterai.
  4. Keringkan dengan kain lap kering, tisu, atau handuk. Hindari penyebaran air ke area lain.
  5. Gunakan vakum jika air masuk ke area yang lebih dalam sehingga air pada celah yang sulit dijangkau dapat dikeluarkan.
  6. Gunakan beras untuk menimbun ponsel selama 24 jam, beras digunakan karena dapat menyerap cairan dengan sangat baik. Meski aneh namun hal ini menjadi metode umum untuk mengeringkan smartphone atau tablet yang tercebur ke dalam air.
  7. Masukkan ponsel ke dalam drybox (kotak penyimpanan kamera digital) selama kurang lebih satu hari.
  8. Diamkan satu hingga dua hari jika kondisi ponsel terbilang parah dan jika ada, gunakan ponsel cadangan untuk sementara.
  9. Periksa air yang tersisa dalam ponsel sembari menunggu waktu jeda dengan mengeringkannya kembali menggunakan kipas angin atau menjemurnya di bawah sinar matahari.
  10. Jika sudah kering, masukkan baterai dan nyalakan. Kemudian periksa apakah layar sentuh masih berfungsi dan nyalakan musik atau lagu untuk memeriksa fungsi speaker.
  11. Jika ponsel tidak bisa dinyalakan, cabut baterainya dan nyalakan menggunakan charger. Jika berhasil, maka baterai mengalami kerusakan dan gantilah dengan yang baru.
  12. Jika semua cara tidak berhasil, untuk tindakan lebih lanjut, bawalah ponsel ke service center resmi dan terpercaya.

Selamat mencoba dan Semoga berhasil, bukan berarti anda harus menceburkan dulu ponsel anda. Semoga anda dapat mengatasi saat ponsel tercebut ke air dengan melakukan hal-hal tersebut di atas.

Ponsel Tercebut Ke Air
Tips Jitu Mengatasi Ponsel Tercebur Ke Air | Admin | 4.5