Teknologi Location Based Service Pada Smartphone

Perkembangan teknologi pada perangkat telepon selular membuat pengguna dapat memanfaatkannya untuk beragam fungsi tambahan. Penambahan GPS pada telepon selular dapat dimanfaatkan untuk memberikan layanan berbasis lokasi pengguna atau location based service. Perkembangan teknologi Location Based Service (LBS) memungkinkan pengguna mendapatkan informasi sesuai dengan lokasi keberadaan pengguna.  Definisi lain mengenai LBS adalah layanan informasi yang diakses dengan mobile phone melalui jaringan selular dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan posisi geografis pada perangkat mobile tersebut. Sebuah layanan LBS dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti kesehatan, pekerjaan dan kehidupan pribadi. Beberapa aplikasi LBS yang populer misalnya aplikasi untuk pencarian taxy terdekat dengan pengguna, pencarian informasi lokasi fasilitas umum seperti ATM, Bank, Rumah Sakit yang berbasis kepada keberadaan lokasi pengguna. Jadi, LBS (Location Based Service) adalah layanan pada aplikasi mobile yang tergantung pada lokasi sebuah smartphone berada yang dapat mengirimkan informasi dengan fungsi tertentu yang diakses dengan perangkat mobile melalui jaringan mobile.

Salah satu smartphone yang mendukung aspek di atas adalah yang menggunakan Sistem Operasi Android karena didukung dengan adanya perangkat GPS (Global Positioning System). Terdapat dua hal penting yang berhubungan dengan GPS yaitu Location Manager atau API (Application Programming Interface) Maps dan Location Providers atau API Location. Dengan Sistem Operasi Android, maka dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis lokasi pada sistem LBS.

 

Also Read: Cara Sadap SMS Untuk Semua Kartu Tanpa Aplikasi

Komponen Location Based Service (LBS)

1.    Piranti mobile: piranti ini digunakan oleh pengguna untuk meminta informasi yang dibutuhkan. Informasi dapat diberikan dalam bentuk suara, gambar, dan teks. Piranti mobile yang dapat digunakan bisa berupa PDA, smartphone, dan laptop. Piranti mobile juga dapat digunakan sebagai alat navigasi seperti layaknya alat navigasi berbasis GPS.
2.    Jaringan Komunikasi : Komponen ini digunakan sebagai jalur penghubung yang dapat mengirim data pengguna dan informasi yang diminta dari mobile terminal ke Service Provider kemudian mengirimkan kembali informasi yang diminta ke pengguna. Communication network dapat berupa jaringan seluler (GSM,CDMA), Wireless Local Area Network(WLAN), atau Wireless Wide Area Network (WWAN).
3.    Penunjuk Posisi atau Lokasi :  Untuk memproses suatu layanan maka posisi pengguna harus diketahui oleh penyedia layanan. Posisi pengguna didapatkan melalui jaringan komunikasi mobile atau Global Positioning System(GPS).
4.    Penyedia layanan dan aplikasi : Penyedia layanan memberikan berbagai macam layanan kepada pengguna dan bertanggung jawab untuk memproses informasi yang diminta oleh pengguna.
5.    Penyedia data dan konten : Penyedia layanan tidak selalu menyimpan semua data yang dibutuhkan yang bisa diakses oleh pengguna. Untuk itu, data dapat diminta dari data dan content provider. Selanjutnya Service and Aplication  Provider mengirim informasi yang telah diolah melaui jaringan internet dan jaringan komunikasi.  Pada akhirnya pengguna dapat menerima informasi yang diinginkan.

Komponen Location Based ServiceKomponen Location Based Service

Komponen Location Based Service

Metode Pencarian Posisi dalam Location Based Service

Dalam penentuan lokasi terdapat 3 metode pencarian posisi dalam LBS, yaitu:
1.    Basic positioning yang berbasis pada Cell merupakan metode paling sederhana dimana menggunakan Cell-ID sebagai teknologi penentuan posisi berdasarkan sinyal radio dari BTS yang ada di sekitarnya. Metode ini sering dikombinasikan dengan metode lain seperti Timing Advanced (TA) dan Network Measurement Report (NMR).
2.    Enchanced Positioning, merupakan metode dengan pendekatan Observe Time Difference (OTD). Biasanya menggunakan Enchanced-OTD (E-OTD) dalam jaringan GSM dimana membutuhkan bantuan dari 3 base station dan jarak handphone ke masing-masing base station.
3.    Advance Positioning merupakan metode yang dibantu teknologi A-GPS dengan tingkat akurasi yang paling tinggi. A-GPS merupakan metode yang berbasis pada waktu dan menghasilkan akurasi vertical dan estimasi jarak yang baik dengan tingkat akurasinya kurang dari 10 meter

 

Demikian tadi bahasan singkat tentang Location Based Service, tunggu bahasan berikutnya mengenai pengembangan aplikasi berbasis LBS.

 

Komponen Location Based ServiceKomponen Location Based Service
Teknologi Location Based Service Pada Smartphone | Admin | 4.5