Pengertian Business Intelligence : Antara Kecerdasan dan Intelijen Perusahaan

Pengertian Business Intelligence (BI) yang sering dibahas menjelaskan tentang suatu konsep dan metode bagaimana meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis berdasarkan sistem yang berbasiskan data transasksi jangka panjang. BI sering kali disamakan dengan briefing books, report and query tools, dan sistem informasi eksekutif. BI merupakan sistem pendukung pengambilan keputusan yang berbasiskan data-data. Sementara menurut Jarrad (2004), BI adalah sebuah proses untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bisnis perusahaan dengan penggunaan yang cerdas terhadap data yang tersedia untuk mengambil keputusan. BI bukan hanya sebuah produk ataupun sebuah sistem. BI merupakan arsitektur dan kumpulan dari sistem operasional terpadu, seperti aplikasi pendukung keputusan dan basis data yang menyediakan kemudahan akses bagi komunitas usaha terhadap data-data bisnis (Moss dan Atre, 2003). Dalam BI terdapat muatan informasi yang berasal dari sumber data yang mengalami proses penyatuan, transformasi, dan pembersihan. Muatan ini merepresentasikan informasi aset perusahaan. Tetapi, BI sebenarnya lebih dari sekedar muatan karena juga mengungkapkan analisis yang dilakukan pada muatan itu (Gonzales, 2003).

Pengertian Business Intelligence

Secara teknis BI merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi data-data operasional perusahaan dan mengumpulkannya ke dalam sebuah data warehouse. Selama proses ekstraksi juga dapat dilakukan transformasi dengan menerapkan berbagai formula, agregasi, maupun validasi sehingga didapat data yang sesuai dengan kepentingan analisis bisnis. Selanjutnya data di dalam data warehouse dapat diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses data mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pola (pattern) dari data. Hasil penyederhanaan dan peringkasan ini disajikan kepada end user yang biasanya merupakan pengambil keputusan bisnis. Dengan demikian manajemen dapat mengambil keputusan berdasarkan fakta-fakta aktual dan tidak hanya mengandalkan intuisi dan pengalaman kuantitatif saja (Amri, 2006). Dari pengertian business intellgence dapat dilihat bahwa terdapat interaksi yang sangat erat antara business intelligence dengan datawarehouse.

Also Read: Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone

Business Intelligence lebih dipandang sebagai sebuah konsep ketimbang sebuah teknologi. Tujuan dari BI jika dilihat dari pengertian business intelligence yang sudah dibahas adalah untuk membantu dunia bisnis dengan membawa data, melakukan operasi terhadap data tersebut sehingga mudah untuk dianalisis dan juga menyediakan seperangkat tools yang memberikan pengguna kemampuan yang lebih (tidak hanya sekedar kemampuan melihat data, tapi juga kemampuan untuk mengerti data tersebut). Sebuah informasi dianggap berguna jika informasi tersebut mudah dimengerti, sehingga seseorang dapat mengambil sebuah keputusan penting berdasarkan informasi tersebut (Rajagukguk, 2008).

Secara umum Business Intelligence merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan secara komrehensif, kohesif dan terintegrasi dari seperangkat tools dan proses yang dapat digunakan untuk mengcapture, mengumpulkan, mengintegrasikan, menyimpan dan menganalisis data dengan tujuan untuk menghasilkan dan menampuilkan informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan bisnis. Penggunaan istilah kecerdasan mengacu kepada kemampuan belajar dan memahami fakta-fakta tentang lingkungan bisnis. BI juga dapat dikatakan sebagai sebuah framework yang memungkinkan lingkungan bisnis mengubah data yang mereka miliki menjadi informasi, informasi menjadi pengetahuan dan pengetahuan menjadi kearifan. BI memiliki kemampuan untuk mempengaruhi budaya perusahaan dengan membuat sebuah kearifan bisnis, yang merupakan keputusan-keputusan yang diambil dari akumulasi pengetahuan berbasis kepada data histori dari perusahaan, dan mendistribusikan kepada semua komponen perusahaan.

Dari sisi aplikasi yang digunakan, BI merupakan aktifitas yang memanfaatkan sistem pendukung keputusan, query dan pelaporan, online analytical processing, statistik, peramalan dan juga data mining. Dari banyaknya aplikasi yang terlibat dalam BI dan merupakan sistem-sistem pengelolaan dan analisis data memberikan organisasi bisnis dapat melakukan analisis yang mendalam untuk meningkatkan performa organisasi dengan mengacu pada data history yang dimiliki organisasi dan juga dilengkapi dengan kemampuan analisis dari data-data eksternal.

Blok diagram dari BI terdiri dari sumber data eksternal, yang bisa bersumber dari sistem ERP/CRM, OLTP, sistem operasional organisasi, kemudian kelompok integrasi data dan aplikasi dengan menggunakan ETL, yang selanjutnya adalah layer data warehouse dan terakhir adalah layer presentasi yang memiliki kemampuan pelaporan, analisis, dan dashboard. Dari penjelsan singkat di atas diharapkan dapat membantu menjelaskan tentang pengertian dari business intelligence.

 

Berikut ini beberapa video yag dapat membantu menjelaskan tentang pengertian business intelligence.

.

Pengertian Business Intelligence
Pengertian Business Intelligence : Antara Kecerdasan dan Intelijen Perusahaan | Admin | 4.5